Sabtu, 16 Maret 2013

Pengenalan Jenis-Jenis Rel Kereta miniatur (HO scale)

Pengenalan Track


Secara umum track terbuat dari Nicle(silver), steel aloy (baja), Brass/Kuningan; Copper/Tembaga;

Untuk track produksi baru rata –rata terbuat dari Nikel dan steel karena lebih mudah dalam perawatannya. Track nicle hampir gak ada penyakit, kalo yang besi kadang berkarat kalo jarang dirawat. Tembaga relatif agak ringkih menurut saya, kuningan kalo jarang dibersihkan suka dilapisi kotoran yang membuat arus power gak nyampe ke loko..........

Ukuran dan istilah dalam Track Kamod HO

  • Straight Track
Adalah track lurus biasa diukur dalam inci (1 inci = 2,54cm) lambangnya tanda petik dua (”). Kalo petik satu (’) biasa melambangkan ukuran kaki (1 kaki = 12 inci= 30.48cm) Entah karena urusan apa standar panjangnya mungkin aneh menurut kita. Pabrikan umum atas track ini panjangnya 18”,15”,12”,9”,6”,4”,3.5”,3”,2
.5”,2”,1”.
Track yang paling umum ditemui adalah dalam track lurus adalah track 9” (panjang kurang lebih 22,86cm

  • Curve track
Curve adalah track berbentuk lengkung, didesain berdasarkan standar pembuatan rel asli untuk desain tikungan pada sebuah rel. Karenanya sangat penting untuk membuat tikungan pada layout anda sesuai standar agar Kamod tidak de-rail (jatuh dari rel)

Berbeda dengan Straight ukuran rel ini didasarkan pada radius (jari-jari) artinya rel Curve radius 18” (curve 18”) jika dibuat lingkaran penuh, jari-jari lingkarannya akan sepanjang 18” atau diameternya 2x18”=36” atau 91.44cm, selain itu curve diukur panjangnya dengan derajat. Curve 18 sering disebut curve 30 degree (derajat), karena untuk membuat lingkaran penuh dibutuhkan 12 rel ini sehingga 1 relnya adalah sepanjang (360 derajat dibagi 12 = 30 derajat)

Yang saya tahu dipasaran pabrikannya dibuat paling kecil radius 15” kemudian paling umum r 18”. Diatasnya terdapat r adius 22”, 24”,26” sampai dengan 36”.

Sulit menemukan curve selain R 18 di Indonesia. Cukup kalo kita berniat menjalankan gerbong Indonesia, atau gerbong western yang pendek (polnya type SD lah yang 6 roda depan 6 belakang), tapi kalo untuk gerbong-gerbong panjang akan sangat menikung...........

Sebenarnya mudah menyiasati kelangkaan kebutuhan R besar, yaitu dengan mengunakan Flexible track (track flexsible). Tapi harus diingat untuk menggambar sketnya dulu. Misalnya untuk R22”, sediakan benang 22” buat lingkaran dengan benang itu, paskan relnya pada gambar lingkarannya. (Siap-siap untuk banyak memotong track, dan pastikan track dapat terpasang sempurna.........

Sekedar catatan, saya pribadi lebih suka menggunakan produk GT (model power) untuk flextrax karena tidak selentur merk Atlas. Trax lentur harus dipastikan pemasangannya agar tidak bergeser.........

Jenis-jenis Track

  • Road bed/Non Road bed, ez track, fit ’n snap, Lock n Lock


Bagi yang belum pernah melihat atau tahu cara kerja Kamod umum, Kamod menggunakan listrik yang dialirkan melalui Rel/Track, jadi kondisi track adalah sangat penting untuk memastikan kelangsungan hidup kamod anda.......
...
Sebagai pedagang, saya sering sekali menerima pertanyaan dari konsumen,
Bisakah track ez bachmann disambung dgn yang gak pake roadbed?

  • RoadBed (alas rel) – ada lagi Cork Road Bed apa itu??/:@#$%^&*


Rel standar terdiri atas rel dan bantalan rel (seperti ini: ########), tapi dijaman yang serba instant membuat bachmann mengembangkan EZ Track dimana rel standarnya di letakkan diatas alas yang digunakan untuk membantu penyambungan rel agar lebih mudah dan sempurna (kenceng lagi) sehingga jalur track yang dibuat bebas dari kendala akibat salah pemasangan.
Kemudian hampir semua brand mengeluarkan versinya sendiri yang mirip-mirip……….

Menjawab pertanyaan diatas jawabannya Semua rel merk apapun asal ukurannya sama (misalnya HO scale) bisa disambungkan (asal jumlah relnya sama: monorel, birel, tripel rel).
Apakah beda bahan menjadi masalah? Secara umum tidak, selama setiap bahan yang digunakan merupakan penghantar arus ya... gak ada masalah.

Bagi para modeler beberapa lebih suka menggunakan yang pake roadbed dengan alasan kepraktisan. Tapi untuk alasan agar LO tampak lebih realistis yang tanpa roadbed menjadi pilihan dengan menambahkan balast (miniatur kerikil pada rel kereta).
Tapi yang parah ada yang campuran karena alasan kondisi dan keterbatasan.

Track Nail & Joiner

Ini juga yang membedakan track standard dan berbagai versi track dengan roadbed. Untuk mempertahankan kekuatannya (supaya gak geser-geser) track sebabaiknya posisinya dimatikan (dipakukan) pada lay out . Tracknail adalah paku yang dibuat khusus untuk memakukan track supaya tidak bergeser2.

Sedang untuk menyambungkan antar rel dibutuhkan joiner, (berupa slot tipis untuk mengunci antar rel. Selain itu joiner berfungsi sebagai penyambung atau pemutus arus daya listrik, kalo sambungannya jelek listrik bisa putus...

Joiner ini juga bermacam bahan dan modelnya, bahannya secara umum sama dengan bahan rel (nickle, steel. Copper, brass). Tapi ada juga yang berbahan plastik untuk pemutus arus ( Beli di SiabelioSpoorShop 10rb 4 biji - mahal kan?)

Dahulu sebelum ada DCC, joiner plastic ini merupakan favorit modeller untuk menyiasati agar bisa diletakkan kontoler yang berbeda, kereta bisa diatur. Dengan menempatkan joiner plastik sebagai pemutus arus dan menyiasati dengan berbagai saklar penghubung, permainan Analog bisa jauh lebih mengasikkan dari pada DCC sekalipun (benarkah?) --yang fanatik analog apa karena gaptek???

Bahkan seninya bermain analog (kenapa bahkan di negeri asalnya sana masih menyenangkan) antara lain dengan penempatan joiner ini, untuk mengatur sedemikian rupa sehingga seperti Control board asli sebuah setasiun, dan mensiasati sistem perjalanan supaya tidak saling tabrakan, berjalan arah yang berbeda, dll.


TRACK CODE/Kode Rel

Ketika kita akan membeli track untuk Layot, pilihan produknya macem-macem dan tulisannya bikin pusing. Bungkusnya ada tulisan " N code 55" atau "HO kode 83",  Adala gi seperti telah ditulis dibagian II namanya aneh aneh: "True-Track", "Unitrack", atau " EZ Track". Apa artinya semua ini?

Code ini diterbitkan oleh NMRA (National Model Railroad Association) oraganiasasinya orang amrik – harusnya kita punya organisasi seperti ini, ada iurannya, keanggotaan, benefit, kegiatan rutin, dll bagaimana??? Dan menyebarkan Racum KAMOD biar para pedagang dan orang orang kreatif untung…………….

Code ini dibuat agar setiap produsen memproduksi dengan standar yang sama, sehingga seperti pada bagian 2 tadi setiap rel masih bisa nyambung, Code 83/100/70/55 sebenarnya tidak berhubungan dengan scale N/HO/Z/ ataou yang lainnya, kode ini murni ukuran rel, dari gambar standar yang diterbitkan MNRA mengeluarkan standar ukurannya sebagai berikut:

CODE A B C D F H R
297 .297 .250 .125 .050 .083 .062 .016
250 .250 .224 .112 .044 .073 .055 .014
208 .208 .188 .094 .038 .063 .047 .012
172 .172 .156 .078 .031 .052 .039 .010
148 .148 .132 .066 .026 .044 .033 .009
125 .125 .125 .063 .021 .035 .028 .007
100 .100 .090 .045 .018 .030 .023 .006
83 .083 .080 .040 .016 .027 .020 .005
70 .070 .070 .035 .014 .023 .017 .004
55 .055 .055 .028 .011 .018 .014 .004
40 .040 .040 .020 .008 .013 .010 .003
32 .032 .032 .016 .006 .011 .008 .003

Apa maksudnya??

Code menunjukkan kode Rel A,B,C,D,E dst menunjukkan ukuran dalam inchi (knapa tak pernah pake senti ya?

Perhatikan bahwa tinggi rel (A pada gambar) angkanya sama dengan code, itulah kenapa kadang-kadang code secara gampang diasosiasikan dengan tinggi rel.
HO Code 100 memiliki arti bahwa rel skala HO memiliki ketinggian rel 100/1000 inchi kalo HO Code 83 berarti skala HO dgn tinggi rel 83/1000 inchi. Gampang kan........ Coba kalo HO scale 70 bgman???..........


ok...Sekian penjelasan tentang rel kereta model

2 komentar:

  1. Seandainya sumber tulisannya di tulis akan lebih berkah...

    BalasHapus
  2. Seandainya sumber tulisannya di tulis akan lebih berkah...

    BalasHapus